Kapal Perang BISMARCK (Pernah jadi Terbesar)

Diposting oleh Alfianto Nandya Prakoso on Sabtu, 19 November 2011

Kapal Perang BISMARCK (Pernah jadi Terbesar)

   Sebuah kapal perang terkuat, terbaik, dan terbesar milik nazi (Jerman) 1941. Pernah menjadi kapal perang terbesar di dunia, namun posisinya di kalahkan oleh kapal Yamato dari Jepang. Bismark adalah nama kapal tempur yang itu yang di ambil dari nama seorang pahlawan jerman Pahlawan jerman Otto Fürst von Bismarck, yang berpengaruh menyatukan Jerman dan perpecahan politik di Eropa sebelum pertengahan abad ke 19. Otto Bismark juga di kenal sebagai “Iron Chancellor”. Yang merupakan Kanselir (chancellor) pertama Jerman dan tentu saja dia dikenal karena Skill Diplomatiknya yang mumpuni, BISMARCK mengatur dan membuat Perdamaian di eropa untuk beberapa generasi.

 Dari nama tokoh sejarah Hebat Jerman ini, kelihatan bagaimana Nazi menaruh harapan yang besar pada Kapal Perang mereka ini yang di beri nama BISMARCK.
Kehebatan otto Bismarck ini begitu membekas di bangsa Jerman, sehingga beberapa generasi Kapal Perang mereka yang terkuat selalu dinamakan Bismarck.

Begitu Besarnya harapan Jerman terhadap kapal ini terlihat dari Pidato Hitler
Hitller dan Rombongannya yang hadir pada peresmian BISMARCK.


Pembuatan/ kontruksi Bismarck wajib klik disini


Inilah gambar awak kapal BISMARCK berjumlah 2.249 orang, mereka adalah awak kapal terhebat sepanjang sejarah. Karena mereka sendirian bertempur menghadapi armada Inggris…sejarahwan mencatat bahwa hampir sebagaian besar armada inggris di kerahkan untuk meneggelamkan kapal ini, belum pernah terjadi dalam sejarah dimana sebuah kapal bertarung sendirian menghadapi belasan kapal Inggris. Ini juga tercatat sebagai pertempuran brutal dan agresif dari armada inggris..yang merupakan armada terkuat di dunia saat itu…

Pada tanggal 20 mei, di kattegat. Angkatan laut Jerman bertemu beberapa kapal ikan swedia. Pada pukul 13.00 kapal jerman terlihat oleh kapal perang swedia Cruiser Gotland (dengan Kapten Agren). Kapten agren kemudian melaporkan ke Stockholm. Luthen Admiral Günther Lütjens mengasumsikan bahwa kapal swedia ini akan melaporkan posisinya. Lutjens kemudian melaporkan ke Pemimpin angkatan laut Jerman Rolf Carls. Pihak swedia telah melaporkan terlihatnya dua kapal Jerman ini ke atase angkatan laut inggris Captain Henry W. Denham. Di lanjutkan surat dari kedutaan inggris di Stockholm – Swedia, Denham mengirim pesan kepemimpin angkatan laut inggris di London:
“Kattegat hari ini 20 mei. Pada jam 15.00, dua kapal perang besar termasuk tiga destroyer, lima kapal dan 10 atau 12 pesawat melewati Marstrand to the northeast. 2058/20”



Rute Pelayaran Bismarck and Prinz Eugen di Korsfjord – Norwegia


Selanjutnya pada pukul 11.00 pagi tanggal 21 mei, Angkatan laut inggris mengirim pesawat mata2 (Spitfire - Lieutenant Michael Suckling) dari skotlandia untuk melihat posisi kapal perang Jerman di suatu daerah yang dikenal dengan Korsfjord (lihat pada peta di atas). Pesawat mata2 berhasil mengambil gambar keberadaan kapal Jerman dari ketinggian 8,000 meters (26,200 feet) dan kembali ke skotlandia. Terlihatnya kapal perang jerman oleh Cruiser Swedia di Kattegat adalah benar, dan memberikan informasi penting bahwa BISMARCK telah melewati canal Kiel.

Foto dari pesawat mata2 Inggris menangkap pergerakan BISMARCK dan Prinz Eugen


Pertempuran di Selat Denmark

Cuaca tetap buruk pada tanggal 23 Mei, saat Bismarck memasuki Selat Denmark. Lutjens tidak tahu kalau di selat ini Suffolk dan Norfolk sedang berpatroli. Begitu pula Laksamana Walker tidak tahu kalau Bismarck sudah sampai ke Selat Denmark. Di sini kesalahan badan intelijen Jerman menjadi fatal. Mereka menganggap Inggris tidak memiliki radar yang cukup baik untuk mencari musuh di cuaca buruk, sehingga Lutjens dengan tenang menyuruh Bismarck dan Prinz Eugen melewati daerah yang berkabut tebal. Perlindungan alam ini nyaris tak berguna karena Suffolk ternyata sudah memiliki radar yang mumpuni mencari musuh, tapi Norfolk tidak mempunyai radar sehingga nyaris mustahil dia bisa menemukan Bismarck.
Malam harinya tertangkaplah Bismarck di radar Suffolk. Melihat ini, Laksamana Walker langsung memerintahkan kapalnya untuk mundur sembari mengabari Scapa Flow tentang posisi Bismarck. Tapi entah kenapa, berita ini tak pernah sampai. Untung bagi Inggris, Norfolk yang tak mempunyai radar tetap mondar-mandir di selat Denmark sebelum radar Bismarck memergokinya dan menembakinya. Tembakan ini mengawali pertempuran yang baru akan berakhir 3 hari lagi. Melalui serangan inilah Tovey mendapati posisi armada Lutjens. Norfolk sendiri memutuskan mundur dengan bantuan tabir asap dan tidak menerima kerusakan sedikitpun.
Kapal Suffolk dan Norfolk membayangi kedua kapal Jerman tersebut sembari menunggu kedatangan Laksamana Holland. Melalui radio, Laksamana Holland memberi tahu Laksamana Walker tentang rencananya. Rencananya kira-kira seperti ini: saat Hood dan Prince of Wales menembaki Bismarck, maka Suffolk dan Norfolk harus memusatkan serangannya ke Prinz Eugen. Tapi perintah ini tidak pernah sampai ke Admiral Walker.Walker mengira kekuatan Hood dan Prince of Wales sudah cukup untuk mengalahkan Bismarck. Dugaan yang ternyata keliru.
Pagi hari tanggal 24 Mei Hood dan Prince of Wales bertemu lawannya. Laksamana Holland kemudian memerintahkan menembak. Serangan Hood dan Prince of Wales diperintahkan untuk dipusatkan ke Bismarck, dengan kata lain Holland tetap melaksanakan rencana awalnya.

Kapal – Kapal yang ikut bertempur bersama Bismark




Tembakan dari HMS Hood mendarat di dekat Prinz Eugen


Sedangkan Suffolk dan Norfolk dengan santai mengawasi pertempuran dari jauh.
Kesalahan fatal lain kembali dilakukan Hood. Bukannya menembaki Bismarck, yang ditembaki malah Prinz Eugen. Bismarck dan Prinz Eugen dengan kompak menembaki kapal yang sama: HMS Hood.

Jot Dora! The Bismarck Opens Fire.


Segera saja Hood dihujani proyektil peluru 20,3 cm dan 38 cm.

Lalu terjadilah peristiwa yang luar biasa; sebuah peluru Bismarck tepat mengenai gudang penyimpanan amunisi milik Hood yang lalu meledak dengan dashyat dan melontarkan api sampai 300 meter. Hood lalu patah menjadi dua dan tenggelam ke dasar laut.

Melihat ini, segera saja Prince of Wales memutar haluannya dari tempat Hood tenggelam, kalau-kalau masih ada yang selamat. Tapi dari total 1419 awak kapal, hanya 3 awak yang berhasil diselamatkan. Setelah Hood tenggelam, giliran Prince of Wales menerima peluru kombinasi Bismarck dan Prinz Eugen. Segera saja Prince of Wales menerima tembakan-tembakan akurat Bismarck yang berakibat bagian buritannya berlubang dan kemasukan ratusan ton air laut

Lalu dikeluarkan perintah untuk melarikan diri dari pertempuran dan Prince of Wales mundur di bawah perlindungan tabir asap.
Prinz Eugen sendiri tidak mendapat kerusakan sama sekali. Tapi Bismarck mendapat tembakan dari Prince of Wales yang menyebabkan kecepatannya berkurang dan meninggalkan bekas minyak di sepanjang jalur yang dilaluinya. Bekas inilah yang nantinya akan mempermudah pesawat torpedo AL Inggris untuk mencari Bismarck


Berita tenggelamnya HMS Hood membuat pihak Inggris sedih sekaligus marah. Pembalasan pun dilakukan secara radikal dan agresif. Laksamana Tovey langsung mengerahkan tak kurang dari 16 kapal perang hanya untuk mengejar Bismarck. Semua kapal itu umumnya sedang melakukan patroli atau menjaga konvoi dagang. Bahkan beberapa di antaranya sudah mulai kehabisan bahan bakar. Namun Laksamana Tovey tidak memperdulikan itu. Begitu pula dengan kapal-kapal yang diperintahkan, mereka tidak peduli keadaan mereka. Mereka hanya ingin mencari dan menghabisi Bismarck. Pengejaran Bismarck tetap menemui berbagai kendala walau jumlah kapal yang dikerahkan sanagt banyak. Penjelajah HMS Suffolk dan HMS Norfolk yang menguntit Bismarck melalui bekas minyak yang ditinggalkannya pun dihadang badai dan hujan sehingga Bismarck tiba-tiba hilang dan baru ditemukan berjam-jam kemudian (24 Mei 1941).

Tanggal 25 Mei Bismarck menghilang dari radar Suffolk, padahal pada saat itu para perwira mereka sudah terlalu letih. Mereka sudah berhari-hari tak tidur dan senantiasa terus berada di menara komando memantau Bismarck.
Pada pukul 11.52 pagi/siang Tanggal 25 Mei, Lutjens memberikan pidato kepada Crew kapalnya (crew BISMARCK) lewat loudspeacker:
“Utk awak kapal Perang BISMARCK. Kalian telah tercatat di dalam sejarah. Dengan tenggelamnya kapal Perang Cruiser Hood tidak hanya keuntungan secara militer tetapi Moral (psikology), karena Hood adalah kebanggaan Inggris. Musuh sekarang mengarahkan pandangannya terhadap kekuatan kita oleh sebab itu kita berpisah dengan Prinz eugen utk memecah konsentrasi musuh. Karena tembakan yang kita terima, kita tidak punya pilihan selain menuju ke semenanjung Perancis. Musuh sudah menanti kita di arah tersebut dan siap bertempur dengan kita. Harapan jerman sekarang ada di pundak kalian dan kita akan menembak sampai Laras meriam terakhir bergelora dan sampai Proyektil terakhir di tembakan dari laras meriam. . For us soldiers [the battle cry] as of now is: “Victory or death!”

(catatan: bahan bakar Bismarck yang terbatas sebab tumpah ke laut pada saat pertempuran dengan HMS HOOD dan Prince wales)

Bismarck baru ditemukan lagi tanggal 26 Mei saat sebuah pesawat

Segera saja pesawat-pesawat jenis Swordfish dari kapal induk HMS Arc Royal menyerang namun keliru karena yang diserangnya ternyata adalah kapal Inggris HMS Sheffield. Beruntung serangan tersebut meleset. Serangan kedua berhasil mengenai sasarannya dan Bismarck terkena tembakan torpedo pada peralatan kemudinya dan karena terendam air sehingga tidak dapat diperbaiki.

Bismarck yang kemudinya rusak kemudian dikejar oleh perusak Cossack dan 4 perusak lainnya di bawah pimpinan Kapten Vian. Terjadi kontak antara armada ini tapi karena badai, kontak tersebut putus. Kontak baru terjadi pada pukul 08.43 pada tanggal 27 Mei 1941. Saat itu HMS King George V memergoki lawan yang sudah berhari-hari dicarinya. Segera saja Bismarck mendapat salvo tembakan dari HMS King George V, HMS Rodney, HMS Norfolk, dan HMS Dorsetshire.



The Bismarck under Fire. British shells fall near the Bismarck (right) on the morning of 27 May 1941. Photo taken from the heavy cruiser Dorsetshire.

Pertempuran pun terjadi dan Bismarck yang dikeroyok akhirnya tenggelam pada pukul 10.40 pagi, setelah ditorpedo HMS Dorsetshire.
The Sinking of the Bismarck

Crew Kapal BISMARCK yang Selamat

Lebih dari 2200 Crew BISMARCK, 800 diantaranya meninggalakan Kapal namun yang selamat hanya 115 Crew kapal.


 Itulah cerita nyata dari raksasa kapal perang. Sekarang kapal besar sejenis Battleship sudah tidak di gunakan lagi karena banyak kelemahannya di antaranya menghabiskan banyak biaya dan kecepatan kapal yang relatif pelan. Seperti cerita Bismarck, Yamato, Prince of Walles semuanya terbukti kelengahannya melawan pesawat. Sekarang justru di pakai kapal-kapal sedang atau kecil tapi peralatan dan senjatanya super canggih.

Sumber: http://kask.us/2526563

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar